Analisis Aktifitas Olahraga Dalam Mengidentifikasi Perilaku Siswa Saat Berolahraga

Penulis

  • Romi Cendra Universitas Islam Riau
  • Novri Gazali Universitas Islam Riau
  • Rapindo Rapindo Universitas Islam Riau
  • Muhammad Piqih Piranda Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.52188/jeas.v6i1.1187

Kata Kunci:

akitifitas olahraga, identifikasi prilaku siswa saat olahraga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas olahraga dalam membentuk perilaku siswa saat berolahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian siswa SMP Negeri 6 Siak Hulu Kampar Riau dengan sampel diambil secara acak (random sampling) berdasarkan angket yang disebarkan kepada siswa melalui google form, sehingga jumlah sampel diambil secara keseluruhan bagi siswa yang mengisi angket yaitu 175 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner untuk melihat kebiasaan siswa dalam aktivitas berolahraga dan angket skala Likert untuk melihat perilaku dan atau karakter siswa saat berolahraga. Analisis data yang digunakan yaitu analisis uji persentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktifitas olahraga siswa SMPN 6 Siak Hulu berdasarkan rutinitas mereka melakukan olahraga dalam seminggu masuk kategori hampir selalu dan sangat sering melakukan kegiatan olahraga sebanyak 69 orang dengan persentase sebesar 39.01 %, sedangkan kategori sangat jarang dan hampir tidak pernah melakukan aktifitas olahraga dalam seminggu yaitu 106 orang dengan persentase 61.01 %. Sedangkan analisis perilaku siswa saat berolahraga secara klasikal dan atau keseluruhan dalam melakukan aktifitas olahraga dalam seminggu dapat dilihat hasilnya yaitu kategori sangat setuju dan setuju pada dalam melakukan aktifitas olahraga dalam seminggu berjumlah 78 orang dengan persentase 43.33 %, sedangkan kategori tidak setuju dan sangat tidak setuju berjumlah 97 orang dengan persentase 56.67 %. Pentingnya seseorang atau siswa dalam menjaga dan meluangkan waktunya untuk kegiatan olahraga, apalagi kalau itu dilakukan dengan rutin dan intens, karena manfaat dari rutinitas seseorang melakukam aktifitas olahraga selain untuk menjaga kebugaran menjadi insan yang sehat maka olahraga juga bisa membentuk karakter (sikap dan perilaku) seseorang disebabkan karena rutinitas melakukan aktifitas olahraga tersebut.

Referensi

Bae, Jung-Sup, Weisheng Chiu, and Sang-Back Nam. 2024. “The Model of Goal-Directed Behavior in Sports Participation: A Meta-Analysis Comparing Pre- and Post-COVID-19 Eras in the Republic of Korea.” Behavioral Sciences 14(7):556.

Brendl, C. Miguel, and Steven Sweldens. 2024. “Defining the Stimulus in Stimulus–Response Interventions: On the Need to Embrace Theory and Organism in Stimulus–Organism–Response.” Consumer Psychology Review 7(1):116–20.

Cendra, Romi. 2016. “Pengaruh Menonton Pertandingan Sepakbola Di Televisi Terhadap Perilaku Sosial Anak Dalam Bermain Sepakbola.” Journal Sport Area 1(1):71.

Cendra, Romi, and Novri Gazali. 2019. “Intensitas Olahraga Terhadap Perilaku Sosial.” Media Ilmu Keolahragaan Indonesia 9(1):13–17.

GSDR. 2015. “GSDR 2015 Brief Children as a Basis for Sustainable Development.” GSDR 2015 Brief 1514–15.

Hadi, Faisal Kusuma. 2020. “Aktivitas Olahraga Bersepeda Masyarakat Di Kabupaten Malang Pada Masa Pandemi Covid-19.” Sport Science and Education Journal 1(2):28–36.

Inoue, Yuhei, Mikihiro Sato, and Kevin Filo. 2020. “Transformative Sport Service Research: Linking Sport Services with Well-Being.” Journal of Sport Management 34(4):285–90.

Lee, Hakjun, and Shik Heo. 2021. “Benefits of Leisure Activities for the Quality of Life of Older South Korean Adults.” Leisure Studies 40(2):199–211.

Lerner, Richard M., Jacqueline V. Lerner, Jason B. Almerigi, Christina Theokas, Erin Phelps, Steinunn Gestsdottir, Sophie Naudeau, Helena Jelicic, Amy Alberts, Lang Ma, Lisa M. Smith, Deborah L. Bobek, David Richman-Raphael, Isla Simpson, Elise Di Denti Christiansen, and Alexander Von Eye. 2005. “Positive Youth Development, Participation in Community Youth Development Programs, and Community Contributions of Fifth-Grade Adolescents: Findings from the First Wave of the 4-H Study of Positive Youth Development.” Journal of Early Adolescence 25(1):17–71.

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maliki, Osa. 2015. “Kepemimpinan Dalam Olah Raga Membangun Karakter Bangsa (Sebuah Perspektif Pembangunan Kewarganegaraan).” Jurnal Ilmiah CIVIS V(2):855–64.

Permana, Gilang. 2024. “Development Of Children’s Attitude And Behavior Through Sports And Physical Education.” ASEAN Journal of Sports for Development and Peace 4(2):37–46.

Rebar, Amanda L., Benjamin Gardner, and Bas Verplanken. 2020. “Rebar_2020_Habit in Exercise Behavior.” II:986–98.

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

Cendra, R. ., Gazali, N., Rapindo, R., & Piranda, M. P. . (2025). Analisis Aktifitas Olahraga Dalam Mengidentifikasi Perilaku Siswa Saat Berolahraga. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah, 6(1), 113-121. https://doi.org/10.52188/jeas.v6i1.1187

Terbitan

Bagian

Articles