https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/issue/feed Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) 2025-08-06T06:31:49+00:00 Fanni Zulaiha fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "<strong>Journal of Physics and Science Education</strong>" (in english) is a journal that focuses on research on <strong>physics education,</strong> <strong>other science education</strong> (chemistry, biology, and Natural Science), and <strong>science</strong> (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with <strong>LIPI</strong> with [<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1524415692" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2622-7789</a> | <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534165910" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2622-822X</a>] and has been nationally accredited <a href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener"><strong>SINTA 4 </strong></a>based on <a title="the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education. Number 10/c/C3/DT.05.00/2025" href="https://drive.google.com/file/d/1Tf8UJkLeTGwERIx1YE3pE5E0d7ItI2yn/view" target="_blank" rel="noopener">the Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Number 10/C/C3/DT.05.00/2025.</a> JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education &amp; environmental science. Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon. This journal is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September </strong>while the first issue is in September 2018. JPFS has been indexed by<strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=8516" target="_blank" rel="noopener"> SINTA</a></strong>, <a title="garuda" href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/20645" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong>,</a> <strong><a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125634&amp;lang=en">Copernicus</a></strong>, <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=yfrlfxIAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains" target="_blank" rel="noopener"><strong>Neliti</strong></a>, <a href="http://www.onesearch.id/Repositories/Repository?search=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;btn=Search" target="_blank" rel="noopener"><strong>IOS</strong></a>, <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2622-822X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a></strong>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=jurnal+pendidikan+fisika+dan+sains&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1" target="_blank" rel="noopener"><strong>BASE</strong></a>, <strong><a href="https://www.citefactor.org/journal/index/23236/jurnal-pendidikan-fisika-dan-sains-jpfs" target="_blank" rel="noopener">Citefactor</a> , </strong>and <strong><a href="http://esjindex.org/search.php?id=4724" target="_blank" rel="noopener">ESJI</a></strong>.</p> https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1421 Pengembangan Media Pembelajaran EBOT (Explosion Box of Thermodynamics) untuk Meningkatkan Sikap Peserta Didik Terhadap Fisika 2025-08-06T06:31:49+00:00 reni reni revibekeh14@gmail.com Asep Irvan Irvani irvan.irvani@uniga.ac.id Resti Warliani restiwarliani@uniga.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media pembelajaran serta mengetahui peningkatan sikap peserta didik terhadap fisika dengan mengembangkan media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>). Subjek pada penelitian ini adalah pendidik fisika, peserta didik dan validator ahli materi dan ahli media, sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>).&nbsp; Pengembangan ini menggunakan metode campuran (<em>mix methode</em>) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh jumlah nilai rata-rata indeks variabel sebesar 0.86, sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh jumlah nilai rata-rata indeks variabel sebesar 0.79. sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>) valid dan layak untuk diimplementasikan. Untuk mengetahui peningkatan sikap peserta didik terhadap fisika nilai rata-rata yang diperoleh sebelum dan sesudah mengguakan media EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>) dianalisis dengan menggunakan analisis uji <em>N-Gain</em> dan diperoleh nilai N-Gain sebesar 0.77 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran EBOT (<em>Explosion Box of Thermodynamics</em>) ini dapat meningkatkan sikap peserta didik terhadap fisika.</p> Copyright (c) https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1394 as as 2025-07-25T23:30:19+00:00 FAUZAAN MAHDAMY jempollan99@gmail.com <p>as</p> Copyright (c) https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1387 Korelasi aktivitas matahari dan angin surya terhadap badai geomagnetik serta variabilitas ionosfer di Pontianak 2025-07-23T07:56:57+00:00 veranica veranicamanna057@gmail.com Copyright (c) https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1365 Kontruksi Dan Uji Coba Alat Pengumpan Ikan Dengan Sistem Pelontar Bergerak 2025-07-16T00:19:06+00:00 Asep Kostajaya asepkostajaya@gmail.com Iskandariah Iskandariah iskandariah@gmail.com Deden Muhamad Nurdin deden@gmail.com Amar Maulana Maulana@gmail.com Maulana Hadijaya Hadijaya@gmail.com Ruspendi Ruspendi ruspendi680@gmail.com Billi Rifa Kusumah billirifa.kusumah@gmail.com Muhamad Sidiq Ali Ali@gmail.com Lusia Cipto Astuti astuti.lc@gmail.com Nurul Ekawati exa.nta@unucirebon.ac.id Teni Novianti novianti@gmail.com <p>Budidaya ikan memainkan peran penting dalam industri perikanan, dengan kontribusi besar terhadap penyediaan protein hewani dan pertumbuhan ekonomi. Namun, metode pemberian pakan secara tradisional yang dilakukan secara manual sering kali tidak efisien, mengakibatkan distribusi pakan yang tidak merata dan pertumbuhan ikan yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat pengumpan ikan portabel dengan sistem pelontar bergerak untuk mengatasi tantangan ini. Menggunakan metode eksperimental, alat pengumpan ini menggabungkan screw auger, dispenser bermotor, dan mekanisme osilasi yang dikendalikan oleh Arduino Nano ESP32, memastikan distribusi pakan yang tepat dan luas. Parameter kunci seperti desain kontainer pakan, mekanika pengumpanan, dan dinamika pelontar osilasi diidentifikasi dan dioptimalkan. Pengujian menunjukkan akurasi tinggi dalam deteksi level pakan (100%), konsistensi laju pengumpanan (4,98 g/detik), jangkauan penyebaran pakan yang efektif (1,58 meter), dan efisiensi energi (2,8 Wh). Sistem kontrol aplikasi real-time terbukti responsif (0,8 detik), memastikan manajemen pakan yang optimal. Teknologi yang dikembangkan meningkatkan efisiensi pemberian pakan, mengurangi tenaga kerja, mendorong pertumbuhan ikan yang seragam, mengurangi stres, dan mendukung budidaya ikan yang berkelanjutan. Penelitian lanjutan akan fokus pada pengujian jangka panjang dalam berbagai kondisi untuk memastikan kinerja dan keandalan yang berkelanjutan.</p> Copyright (c) https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1341 Analisis Kebutuhan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Fisika Studi Kasus pada Materi Energi Terbarukan 2025-07-09T05:21:34+00:00 Rahma Amelia Oktapiani ameliaoktapiani.0810@gmail.com Iwan Permana Suwarna iwan.permana.suwarna@uinjkt.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran digital berupa E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) pada materi energi terbarukan dalam pembelajaran Fisika tingkat SMA. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan metode campuran menggunakan desain sekuensial eksplanatori, dimulai dari data kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dan dilanjutkan dengan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian di MA Nurussaadah menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan cukup tinggi dalam memahami materi energi terbarukan yang bersifat abstrak, dengan rata-rata skor 3,77 untuk tingkat kesulitan. Siswa menyatakan bahwa penjelasan yang sederhana, kontekstual, serta penggunaan contoh nyata sangat membantu dalam memahami materi. Minat terhadap media pembelajaran interaktif khususnya E-LKPD, juga tergolong tinggi dengan skor 3,19. Selain itu, tampilan visual menarik dan fitur kolaboratif seperti tugas kelompok dalam LKPD turut meningkatkan keterlibatan belajar siswa. Data ini mengindikasikan bahwa pengembangan media pembelajaran perlu mempertimbangkan aspek pedagogis (kebutuhan siswa dan materi), teknis (akses dan perangkat), dan psikologis (motivasi dan gaya belajar). Oleh karena itu, E-LKPD yang dikembangkan harus interaktif, kontekstual, dan mendukung kolaborasi untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pembelajaran Fisika. Temuan ini diharapkan menjadi landasan bagi pengembangan media pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan siswa dan tantangan pembelajaran abad ke-21.</p> Copyright (c) https://www.journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/1338 Simulasi Desain dan Uji Prototipe Pengumpan Ikan Portabel dengan Sistem Pelontar Osilasi 2025-07-07T23:54:03+00:00 Asep Kostajaya asepkostajaya@gmail.com Iskandariah Iskandariah iskandariah@gmail.com Deden Muhamad Nurdin deden@gmail.com Amar Maulana Maulana@gmail.com Maulana Hadijaya Hadijaya@gmail.com Ruspendi Ruspendi ruspendi680@gmail.com Billi Rifa Kusumah billirifa.kusumah@gmail.com Muhamad Sidiq Ali Ali@gmail.com Lusia Cipto Astuti astuti.lc@gmail.com <p>Penelitian ini mengembangkan sistem pengumpan ikan portabel menggunakan mekanisme pelontar osilasi (gerakan kiri-kanan) untuk meningkatkan distribusi pakan secara merata di area pengumpanan. Sistem ini menggunakan motor stepper untuk memutar kincir pelontar dan motor servo untuk menggerakkan kincir secara horizontal. Desain sistem diuji dengan simulasi dinamik fluida (CFD) untuk menganalisis distribusi pakan berdasarkan sudut osilasi dan kecepatan motor. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sudut osilasi 90° dan kecepatan motor 10 RPM memberikan distribusi pakan yang optimal dengan jangkauan hingga 3 meter. Pengujian prototipe mengonfirmasi hasil tersebut dengan sedikit perbedaan pada jangkauan pakan. Sistem ini dioptimalkan dengan mengatur kecepatan motor dan sudut osilasi untuk memastikan distribusi pakan yang merata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengumpan ikan dengan pelontar osilasi dapat meningkatkan efisiensi pemberian pakan pada akuakultur</p> Copyright (c)