Penerapan Metode Cerita Islami Terhadap Pembentukan Karakter Anak Kelas Iii (Yayasan At’tholibin Desa Patapan)
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1728Kata Kunci:
Metode cerita islam, pembentukan karekter islami anakAbstrak
Cerita sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan baik di tingkat anak-anak maupun tingkat remaja karena dengan bercerita anak-anak banyak mengambil hikmah dan pelajaran di dalamnya. Pemilihan jenis cerita yang baik dapat mengundang perhatian anak-anak untuk mendengarkan dan pesan-pesan yang di sampaikan dalam cerita bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karakter/akhlak dapat terbentuk dari berbagai aspek seperti, pembelajaran, lingkungan, budaya, dll. Penelitian ini mengunakan metodeanalisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wancara. Dimana yang menjadi informan utama para Guru dan siswa-siswi kelas 4 (empat) di Yayasn At’tholibin. Cerita merupakan suatu hal yang menyenangkan dalam belajar. Pemilihan jenis cerita yang baik dapat mengundang perhatian Siswa untuk mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita bisa di terpkan di kehidupan sehari-hari. Metode cerita islami menurut kami sangat evektif bagi siswa- siswi kelas tiga Yayasan At’tholibin, karena metode ini di anggap lebih mengena ke peserta didik dengan bukti masi diterapkan di dunia pendidikan smapai sekarang.

