Pengaruh Permainan Tradisional Bola Nyawa terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Anak

Penulis

  • Roni Muliadin STKIP Taman Siswa Bima
  • Rabwan Satriawan STKIP Taman Siswa Bima
  • Ainun Fitriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Furkan Furkan STKIP Taman Siswa Bima
  • Ewan Irawan STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i3.1317

Kata Kunci:

Permainan Tradisional, Meningkatkan Keterampilan Motorik

Abstrak

Tujuan penelitian. Permainan tradisional kini jarang dimainkan, meskipun mengandung nilai-nilai edukasi dan sosial, karena sering kali melibatkan aktivitas fisik, perencanaan strategis, kerja sama tim, kelincahan, dan menghadirkan rasa gembira yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan motorik siswa di SD Negeri Kalemba, khususnya siswa kelas V.

Bahan dan Metode. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan teknik total sampling. Permainan tradisional yang diterapkan dalam penelitian ini adalah permainan Bola Nyawa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan motorik, dengan sampel sebanyak 5 siswa dari SD Negeri Kalemba, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 22.

Hasil. Berdasarkan nilai signifikansi uji dua sisi, diperoleh hasil 0,002; 0,001; dan 0,003 yang semuanya lebih kecil dari 0,05 (sig < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Bola Nyawa dapat meningkatkan keterampilan motorik anak, yang ditunjukkan dengan ditolaknya hipotesis nol (Ho) dan diterimanya hipotesis alternatif (Ha).

Kesimpulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional Bola Nyawa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan motorik siswa.

Diterbitkan

2025-08-16

Cara Mengutip

Muliadin, R. ., Satriawan, R. ., Fitriani, A. ., Furkan, F., & Irawan, E. . (2025). Pengaruh Permainan Tradisional Bola Nyawa terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Anak. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 5(3), 358-364. https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i3.1317