Pengaruh Penggunaan Latihan Mental Tidak Langsung terhadap Pembelajaran Keterampilan Sepak Bola

Penulis

  • Ali Qutaiba Younus Directorate of Education of Nineveh Province

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i3.1283

Kata Kunci:

Latihan Mental Tidak Langsung, Lemparan Samping, Kontrol Bola, Sepak Bola

Abstrak

Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan latihan mental secara tidak langsung dalam mempelajari beberapa keterampilan dasar sepak bola dan membandingkan hasil tes akhir antara dua kelompok penelitian untuk mempelajari beberapa keterampilan dasar sepak bola di antara siswa sekolah menengah pertama kelas dua.

Materi dan metode. Peneliti menggunakan metode eksperimen karena kesesuaiannya dengan sifat penelitian. Komunitas penelitian diwakili oleh siswa sekolah menengah pertama kelas dua di Sekolah Menengah Pertama Putra Al-Furat untuk tahun ajaran (2024-2025), berjumlah (95) siswa yang didistribusikan di antara tiga seksi. Sampel penelitian terdiri dari seksi (A, B), yang dipilih secara undian. Dengan demikian, jumlah sampel mencapai (65) siswa. Sejumlah anggota sampel dikeluarkan karena kurangnya kesetaraan dengan sampel, selain mengeluarkan siswa dari seksi (C), yang dipilih sebagai sampel untuk eksperimen stabilitas dan eksploratif. Dengan demikian, jumlah sampel akhir mencapai (24) siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan (12) siswa untuk setiap kelompok, dengan persentase (25,263%) dari komunitas asli. Program yang diusulkan didistribusikan melalui undian. Program pendidikan tersebut memakan waktu enam minggu untuk diimplementasikan, dengan dua unit pendidikan per minggu untuk setiap kelompok, setiap unit berlangsung selama 45 menit.

Hasil. Hasil yang diperoleh menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil tes pra dan pasca untuk dua kelompok penelitian dalam mempelajari keterampilan lemparan samping dan kontrol bola, yang mendukung hasil tes pasca. Hal ini disebabkan oleh efektivitas program pendidikan yang digunakan dan dampak yang jelas pada pembelajaran dan pengembangan keterampilan lemparan samping dan kontrol bola dalam sepak bola. Para pemain mendapatkan manfaat dari komponen pendidikan melalui penjelasan dan presentasi, melalui instruksi dan panduan, atau melalui penggunaan video pendidikan atau gambar pendidikan. Metode pendidikan ini membantu para pemain membentuk pemahaman yang lengkap tentang keterampilan yang dipilih.

Kesimpulan. Disimpulkan bahwa program pendidikan yang diterapkan pada dua kelompok penelitian memiliki dampak positif pada pembelajaran keterampilan lemparan samping dan kontrol bola dalam sepak bola. Kelompok eksperimen, yang menggunakan program pelatihan mental tidak langsung disertai dengan latihan keterampilan, mengungguli kelompok kontrol, yang hanya menggunakan program latihan keterampilan metode tradisional.

Diterbitkan

2025-08-02

Cara Mengutip

Younus, A. Q. . (2025). Pengaruh Penggunaan Latihan Mental Tidak Langsung terhadap Pembelajaran Keterampilan Sepak Bola. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 5(3), 348-357. https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i3.1283