Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Pembelajaran Penjas Siswa SMPN 18 Kota Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.1430Kata Kunci:
Motivasi, Minat, PendidikanAbstrak
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar pendidikan jasmani (PJOK) pada siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Cirebon. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mendorong siswa untuk lebih aktif dan tertarik dalam proses pembelajaran, terutama PJOK yang membutuhkan keterlibatan fisik dan mental.
Bahan dan Metode. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain pretes-postes satu kelompok. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII A. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tertutup menggunakan skala Likert untuk mengukur tingkat motivasi dan minat belajar sebelum dan sesudah intervensi. Intervensi ini melibatkan instruksi dengan metode demonstrasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar pendidikan jasmani. Peningkatan motivasi melalui metode demonstrasi terbukti meningkatkan minat belajar siswa.
Kesimpulan. Oleh karena itu, guru pendidikan jasmani disarankan untuk memaksimalkan penggunaan metode pembelajaran interaktif seperti demonstrasi untuk mendorong motivasi dan minat belajar siswa.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 Achmad Zakaria, Adiman Adiman, Syifa Nurbait

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.