Jurnal Rancang Bangun Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Website
Studi Kasus : Pesantren Al Bukhori Brebes
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i1.1109Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Ilmu Nahwu, Website, Pesantren, Abad 21.Abstrak
Abad ke-21 ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang pesat, yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk sistem pendidikan. Dalam konteks ini, media pembelajaran memainkan peran krusial dalam meningkatkan efektivitas komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Pesantren Al Bukhori, salah satu lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Brebes, masih mengandalkan metode konvensional dalam pembelajaran Ilmu Nahwu, yang menyebabkan pembelajaran terbatas dalam ruang dan waktu. Penelitian ini berjudul "Rancang Bangun Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Website (Studi Kasus: Pesantren Al Bukhori Brebes)." Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berbasis website yang memungkinkan interaksi yang lebih fleksibel antara santri dan pengajar, serta memperluas lingkup pembelajaran di Pesantren Al Bukhori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall, meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan instrumen WebQual untuk menilai kualitas website dari perspektif pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website ini diuji dengan menggunakan Skala Likert dan memperoleh interval skor 78,43% dari 16 responden. Skor ini mengindikasikan bahwa website tersebut tergolong dalam kategori "baik" atau "memuaskan," menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis website ini efektif dalam meningkatkan proses belajar mengajar Ilmu Nahwu.