Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Fikih di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i1.1313Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Fikih, Keperawatan, STIKes, Kurikulum AIPNIAbstrak
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis fikih yang diterapkan di STIKes Widya Dharma Husada (WDH) Tangerang dalam konteks pendidikan keperawatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi nilai-nilai keislaman, khususnya hukum fikih, dalam pembentukan kompetensi etik dan spiritual mahasiswa keperawatan sesuai Kurikulum AIPNI 2021.
Bahan dan metode. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan dosen PAI, mahasiswa, dan pengelola kurikulum sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, yang dianalisis secara deskriptif-tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan meliputi Problem Based Learning (PBL), diskusi tematik, dan simulasi kontekstual.
Hasil. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi fikih serta menumbuhkan kesadaran etis dan religius dalam praktik keperawatan. RPS dan silabus menunjukkan integrasi fikih secara eksplisit ke dalam capaian pembelajaran. Mahasiswa menunjukkan respon positif terhadap pendekatan yang kontekstual dan interaktif, meskipun terdapat tantangan dalam hal waktu pembelajaran dan ketersediaan bahan ajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAI berbasis fikih yang diterapkan secara aplikatif di STIKes WDH mampu membentuk kepribadian Islami dalam profesi keperawatan.
Kesimpulan. Hasil ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis terhadap pengembangan model pendidikan keagamaan dalam institusi kesehatan.