Pengaruh Supervisi Akademik, Literasi Digital, dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1403Kata Kunci:
kompetensi_pedagogik_guru, literasi_digital, motivasi_kerja_guru, supervisi_akademikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh supervisi akademik, literasi digital, dan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru. Penelitian bersifat kuantitatif dengan desain survei dan melibatkan 197 guru SMA di Kecamatan Mojoroto sebagai populasi; sebanyak 133 responden dipilih menggunakan teknik random sampling proporsional wilayah berdasarkan rumus Yamane. Hasil analisis menunjukkan bahwa varians kompetensi pedagogik guru dijelaskan sebesar 28,5 % oleh supervisi akademik, 58,5 % oleh literasi digital, dan 65,5 % oleh motivasi kerja; ketiga variabel tersebut secara simultan menerangkan 69,7 % variasi kompetensi pedagogik. Temuan ini menegaskan pentingnya efektivitas supervisi akademik, penguasaan literasi digital, dan tingkat motivasi kerja yang tinggi dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan memasukkan variabel tambahan, seperti kompetensi profesional dan metode pengajaran, untuk menghasilkan model pengembangan pedagogik yang lebih komprehensif.