Penerapan Media Kotak Cerita Siswa (Kociwa) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Mts Al – Ma’mur

Penulis

  • Yolan Nur Aulia Elsas Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Syifa Nurbait Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Mahmudah Mahmudah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Shofi Dhiyaa Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Risman Nurrahayu Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Muhammad Rifqi Nuafal Mazidz Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1604

Kata Kunci:

Media Kotak Cerita, Bercerita, Siswa

Abstrak

Bimbingan konseling seharusnya menjadi peran yang sangat penting di sekolah, dimana BK seharusnya bisa hadir dalam perkembangan siswa, namun sangat di sayangkan, ternyata masih ada stigma negative yang melekat pada layanan BK di MTS Al – Ma’mur. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media Kotak Cerita Siswa dalam pembelajaran siswa terhadap kemampuan mereka dalam bercerita. Kegiatan dilakukan dengan sosialisasi dan praktik, dengan melibatkan 21 siswa. Hasil dari kegiatan  ini menunjukan bahwa penggunaan Kotak Cerita Siswa (KOCIWA) secara segnifikan meningkatkan kemampuan siswa untukbercerita dan, juga Kotak Cerita Siswa ini bisa membantu siswa untuk mengekspresikan diri mereka dan meningkatkan kepercayaan terhadap guru BK.

Diterbitkan

2025-11-05

Cara Mengutip

Elsas, Y. N. A. ., Nurbait, S. ., Mahmudah, M., Dhiyaa, S. ., Nurrahayu, R. ., & Mazidz, M. R. N. . (2025). Penerapan Media Kotak Cerita Siswa (Kociwa) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Mts Al – Ma’mur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 71-76. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1604

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama