Meningkatkan Motivasi Belajar Anak melalui Program Bimbel KKN di Kelurahan Villa Kondangsari Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1682Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Anak, Bimbel, Vila KondangsariAbstrak
Permasalahan dalam Pengabdian ini yang dihadapi oleh masyarakat di Kondangsari RT 16 RW 06, Kelurahan Vila kondangsari, Kecamatan Beber, Kabupaten Jawa Barat, adalah kurangnya kesadaran akan potensi yang ada di sekitar mereka yang dapat digunakan sebagai sumber daya tambahan untuk pendidikan masyarakat di Vila Kondangsari. Sebagai solusi,diimplementasikan program Bimbingan Belajar Masyarakat di kampung tersebut. Tujuan dari program BIMBEL ini adalah: 1) Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan; 2) Menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif, dan inovatif; 3) Mendorong dan memotivasi anak-anak agar memiliki semangat belajar dan meraih prestasi. Hasil dari program BIMBEL ini adalah antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, program BIMBEL juga memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan di sekolah. Metode Pengabdian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Program bimbingan belajar (bimbel) yang dilaksanakan oleh mahasiswa dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak di wilayah perkotaan/perdesa. Artikel ini memaparkan latar, model pelaksanaan, hasil yang diharapkan, serta rekomendasi implementasi program bimbel KKN di Kelurahan Villa Kondang Sari dengan dukungan temuan dari beberapa kajian terkait.

