Tingkat Stres Profesional di Kalangan Guru Pendidikan Jasmani di Yordania dan Hubungannya dengan Variabel Tertentu

Penulis

  • Lubna Mahmoud Obeidat AL-Balqa Applied University
  • Mohammad Omar Al-Momani Al-Balqa Applied University
  • Saa Saleh Obeidat Al-Balqa Applied University

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i2.1195

Kata Kunci:

Stres Kerja, Pendidikan Jasmani, Guru Pendidikan Jasmani, Pendidikan Sekolah

Abstrak

Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres profesional yang dihadapi guru pendidikan jasmani di Kerajaan Hashemite Yordania dan hubungannya dengan variabel jenis kelamin dan tahun pengalaman.

Bahan dan metode. Pendekatan analitis deskriptif diikuti, selain menggunakan kuesioner yang terdiri dari (30) item sebagai alat penelitian. Kuesioner diberikan kepada sampel (294) guru pendidikan jasmani pria dan wanita selama semester kedua tahun ajaran 2024/2025.

Hasil. Setelah melakukan pemrosesan statistik yang tepat, penelitian menyimpulkan bahwa tingkat stres profesional di antara guru pendidikan jasmani adalah sedang, dengan rata-rata aritmatika (2,69) dan simpangan baku (0,52). Lebih lanjut, tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik dalam tingkat stres profesional mereka yang disebabkan oleh variabel jenis kelamin (pria, wanita) dan tahun pengalaman (kurang dari 10 tahun, lebih dari 10 tahun).

Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan jasmani di Yordania menghadapi stres kerja sedang, yang disebabkan oleh infrastruktur yang tidak memenuhi standar. Tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat stres yang diamati yang dapat dikaitkan dengan jenis kelamin atau tahun pengalaman, yang menunjukkan bahwa stres berasal dari lingkungan kerja itu sendiri.

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Obeidat, L. M. ., Al-Momani, M. O. ., & Obeidat, S. S. . (2025). Tingkat Stres Profesional di Kalangan Guru Pendidikan Jasmani di Yordania dan Hubungannya dengan Variabel Tertentu. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 5(2), 286-299. https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i2.1195