Tingkat Stres Profesional di Kalangan Guru Pendidikan Jasmani di Yordania dan Hubungannya dengan Variabel Tertentu
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i2.1195Kata Kunci:
Stres Kerja, Pendidikan Jasmani, Guru Pendidikan Jasmani, Pendidikan SekolahAbstrak
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres profesional yang dihadapi guru pendidikan jasmani di Kerajaan Hashemite Yordania dan hubungannya dengan variabel jenis kelamin dan tahun pengalaman.
Bahan dan metode. Pendekatan analitis deskriptif diikuti, selain menggunakan kuesioner yang terdiri dari (30) item sebagai alat penelitian. Kuesioner diberikan kepada sampel (294) guru pendidikan jasmani pria dan wanita selama semester kedua tahun ajaran 2024/2025.
Hasil. Setelah melakukan pemrosesan statistik yang tepat, penelitian menyimpulkan bahwa tingkat stres profesional di antara guru pendidikan jasmani adalah sedang, dengan rata-rata aritmatika (2,69) dan simpangan baku (0,52). Lebih lanjut, tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik dalam tingkat stres profesional mereka yang disebabkan oleh variabel jenis kelamin (pria, wanita) dan tahun pengalaman (kurang dari 10 tahun, lebih dari 10 tahun).
Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan jasmani di Yordania menghadapi stres kerja sedang, yang disebabkan oleh infrastruktur yang tidak memenuhi standar. Tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat stres yang diamati yang dapat dikaitkan dengan jenis kelamin atau tahun pengalaman, yang menunjukkan bahwa stres berasal dari lingkungan kerja itu sendiri.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Lubna Mahmoud Obeidat, Mohammad Omar Al-Momani, Saa Saleh Obeidat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.