Konstruksi Instrumen Tes Kemampuan Proses Sains Mata Pelajaran IPA SD
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1432Kata Kunci:
Keterampilan proses sains, Instrumen evaluasi, Validitas, Reliabilitas, IPA SDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes Keterampilan Proses Sains (KPS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keterampilan proses sains siswa SD yang selama ini kurang terfasilitasi akibat terbatasnya instrumen evaluasi yang tepat. Metode penelitian menggunakan pendekatan konstruksi dan validasi tes dengan melibatkan siswa kelas IV sebagai sampel uji coba. Instrumen disusun dalam bentuk soal pilihan ganda model two tier test yang mencakup delapan aspek KPS, yaitu mengamati, mengklasifikasi, menginterpretasi data, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, mengkomunikasikan, mengukur, dan menyimpulkan. Uji validitas dilakukan melalui penilaian ahli, uji keterbacaan, serta analisis empiris dengan bantuan program SPSS, sedangkan reliabilitas dianalisis menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 butir soal yang dikembangkan, 20 butir (62,5%) dinyatakan valid, sementara 12 butir (37,5%) dieliminasi. Reliabilitas instrumen mencapai nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,659, yang menandakan konsistensi internal memadai. Dengan demikian, instrumen yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa SD secara konsisten. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam penyediaan instrumen evaluasi yang autentik, sekaligus mendukung guru dalam merancang pembelajaran IPA yang lebih tepat sasaran. Rekomendasi penelitian lanjutan adalah penggunaan pendekatan Item Response Theory (IRT), perluasan sampel, serta integrasi instrumen ke dalam platform digital agar lebih adaptif dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21.
Referensi
Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis implementasi keterampilan proses sains di Indonesia pada pembelajaran fisika: Literatur review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 153–166. doi: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15912
Adriadi, A., et al. (2024). Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada mata kuliah biologi lingkungan prodi biologi fakultas sains dan teknologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 93–102. doi: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL
Aisah, S., & Agustini, R. R. (2024). Pengembangan instrumen keterampilan proses sains dengan desain pembelajaran berdiferensiasi di tingkat sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 12(1), 275–280. doi: https://doi.org/10.37081/ed.v12i1.5746
Darmayanti, N. W. S., et al. (2021). Analisis aspek keterampilan proses sains dasar pada buku teks IPA siswa sekolah dasar kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 130–145. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16022
Eliyana, E. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa belajar IPA materi tumbuhan hijau pada siswa kelas V SDN 3 Panjerejo di masa pandemi COVID-19. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. doi: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628
Fitriani, S. N. (2022). Analisis peningkatan kemampuan literasi siswa dengan metode ADABTA melalui pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180–189. doi: https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Habibah, S. N., & Fuadiyah, S. (2025). Validitas instrumen tes keterampilan proses sains pada pembelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA/MA. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(2), 353–360.
Malika, S. A., & Erman, E. (2025). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui model inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 5(1), 491–498. doi: https://doi.org/10.52562/biochephy.v5i1.1569
Pertiwi, M. M., et al. (2024). Analisis keterampilan proses sains di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2024. Universitas Lambung Mangkurat.
Sambiri, U., Isra, H. H., & Saputra, A. (2023). Analisis keterampilan proses sains fisika pada mahasiswa pendidikan fisika FKIP Universitas Khairun. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(3), 758–767. doi: https://doi.org/10.35965/eco.v23i3.3773
Wahyuni, N. (2022). Mengembangkan keterampilan dasar mengajar guru pada sekolah dasar di kelas rendah. Jurnal Guru Kita, 6(4), 430–439.
Wahyuni, S., Irmawanty, & Hambali, H. (2024). Science process skills to improve learning outcomes of elementary school students. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 81–90. doi: https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i2.1229