Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Siswa Kelas I SD Negeri I Kalisapu Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1438Kata Kunci:
Metode Bernyanyi, Kemampuan Mengenal HurufAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional di kelas I dan metode yang digunakan kurang bervariasi. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, seperti membedakan bentuk huruf, menyebutkan nama huruf, dan menghubungkannya dengan bunyi. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf adalah dengan menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal huruf pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kalisapu. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 1 Kalisapu dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 36. Pada hasil uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01 (0,01 < 0,05). Hasil tersebut mengindikasikan adanya pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal huruf. Pada hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata skor N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,4967 yaitu > 0,3 yang artinya termasuk dalam kategori cukup yang menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf siswa kelas I SD Negeri 1 Kalisapu.