Integrasi Budaya dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Pustaka Sistematis tentang Pendekatan Etnomatematika
DOI:
https://doi.org/10.52188/jeas.v6i2.1443Kata Kunci:
etnometamatika, pembelajaran_matematika, integrasi_budaya, pedagogi, Systematic_Literature_ReviewAbstrak
Integrasi budaya dalam pembelajaran matematika merupakan pendekatan inovatif yang semakin banyak mendapat perhatian dalam penelitian dan praktik pendidikan. Salah satu kerangka yang menonjol adalah etnomatematika, yakni kajian mengenai hubungan antara budaya dan aktivitas matematis, yang diyakini mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih kontekstual, bermakna, dan relevan dengan pengalaman sehari-hari peserta didik. Pendekatan ini tidak hanya mempermudah pemahaman konsep matematika, tetapi juga menumbuhkan apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal. Dalam konteks Indonesia, integrasi budaya selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan diferensiasi, keberagaman, serta penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara sistematis literatur terkait integrasi budaya dalam pembelajaran matematika melalui perspektif pedagogi etnomatematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA. Artikel dikumpulkan dari basis data internasional (Scopus, ERIC, DOAJ) dan nasional (Google Scholar, Garuda) dengan rentang publikasi tahun 2010–2024. Proses seleksi mencakup tahapan identifikasi, skrining, penerapan kriteria inklusi-eksklusi, hingga sintesis akhir. Dari 162 artikel yang ditinjau, 24 artikel memenuhi kriteria untuk dianalisis lebih lanjut. Analisis dilakukan berdasarkan konteks budaya, strategi pedagogis, serta implikasi teoretis maupun praktis dalam pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi budaya memberikan dampak positif pada tiga aspek utama. Pertama, aspek kognitif, yaitu peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kedua, aspek afektif, berupa peningkatan minat, sikap positif, dan motivasi belajar. Ketiga, aspek sosial-kultural, berupa penguatan identitas siswa dan pelestarian nilai budaya lokal. Namun demikian, tantangan yang muncul meliputi keterbatasan referensi, kurangnya kompetensi guru, serta belum optimalnya dukungan kurikulum. Kesimpulannya, integrasi budaya melalui pedagogi etnomatematika tidak hanya mendukung pencapaian tujuan akademis, tetapi juga berperan penting dalam pembentukan karakter dan pelestarian budaya. Temuan ini menegaskan urgensi penelitian lanjutan yang lebih aplikatif, pengembangan perangkat ajar berbasis budaya, serta pelatihan guru untuk implementasi berkelanjutan.
Referensi
Achor, E. E., Omoifo, C. N., & Ekwueme, C. O. (2021). Ethnomathematics and students’ problem-solving skills: Integrating cultural practices into mathematics classrooms. Journal of Mathematics Education, 14(2), 115–128.
Achor, P. M., & Ukeje, O. (2017). Cultural games as tools for mathematics instruction in Nigeria. African Journal of Educational Studies, 12(1), 56–68.
Alangui, W. V. (2010). Ethnomathematics and multicultural mathematics education: Theoretical and pedagogical considerations. University of Auckland.
Ascher, M. (2014). Mathematics elsewhere: An exploration of ideas across cultures. Princeton University Press.
Bishop, A. J. (2012). Mathematics education and culture. Educational Studies in Mathematics, 19(2), 179–191.
Bishop, A. J. (2017). Mathematical enculturation: A cultural perspective on mathematics education. Springer.
D’Ambrosio, U. (2016). An overview of the history of ethnomathematics. ZDM Mathematics Education, 48(4), 601–607.
D’Ambrosio, U. (2018). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. Mathematics and Culture, 15(2), 23–33.
D’Ambrosio, U., & Rosa, M. (2017). Ethnomathematics and its pedagogical perspective. Journal of Mathematics and Culture, 11(1), 57–78.
D’Ambrosio, U., & Rosa, M. (2021). Global perspectives on ethnomathematics in mathematics education. Journal of Mathematics Education, 16(2), 101–118.
Fitriani, A. (2019). Eksplorasi etnomatematika motif batik dalam pembelajaran simetri lipat di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 23–34.
Freire, P. (2018). Pedagogy of the oppressed (30th anniversary ed.). Bloomsbury.
Gerdes, P. (2013). Geometry from African patterns. Educational Studies in Mathematics, 84(1), 5–25.
Gerdes, P. (2015). Ethnomathematics and cultural development. International Journal of Mathematics Education, 48(2), 137–150.
Hidayat, R. (2021). Integrasi nilai budaya lokal dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 145–156.
Kemendikbud. (2020). Kurikulum Merdeka: Panduan implementasi pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Knijnik, G. (2012). Ethnomathematics, culture, and politics. Educational Studies in Mathematics, 80(1), 201–215.
Moll, L. C., Amanti, C., Neff, D., & González, N. (1992). Funds of knowledge for teaching: Using a qualitative approach to connect homes and classrooms. Theory into Practice, 31(2), 132–141.
Mosimege, M. (2012). The role of culture in mathematics education: Perspectives from South Africa. International Journal of Science and Mathematics Education, 10(6), 1243–1266.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nkopodi, N., & Mosimege, M. (2009). Incorporating the indigenous game of morabaraba in the learning of mathematics. South African Journal of Education, 29(3), 377–392.
Prabawanto, S. (2020). Integrasi etnomatematika rumah adat dalam pembelajaran geometri di sekolah dasar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 67–79.
Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2020). Pembelajaran pecahan berbasis budaya Palembang menggunakan pendekatan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 89–101.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration of the culture of Javanese society. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 012032.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). Ethnomathematics and its pedagogical action in mathematics education. Journal of Mathematics and Culture, 10(3), 1–13.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2019). Cultural contexts in the mathematics classroom: A global perspective. Educational Studies in Mathematics, 100(2), 177–196.
Rosa, M., Shirley, L., & Gavarrete, M. E. (2017). Ethnomathematics in Latin America: Current research and future directions. Journal of Mathematics and Culture, 11(2), 45–67.
Shirley, L. (2018). Ethnomathematics and curriculum development in the Pacific. Journal of Mathematics and Culture, 12(1), 12–27.
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense making in mathematics. Journal of Education, 196(2), 1–38.
Susanti, E., & Yuliana, E. (2020). Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran matematika: Studi etnomatematika pada tenun songket. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–216.
Tanujaya, B. (2020). The role of ethnomathematics in contextual teaching and learning. Infinity Journal, 9(1), 45–56.
Utami, N. R., & Nusantara, T. (2021). Exploring the ethnomathematics of batik: Implications for learning geometry. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 34–47.
Vithal, R., & Skovsmose, O. (1997). The end of innocence: A critique of ethnomathematics. Educational Studies in Mathematics, 34(2), 131–157.
Wahyuni, A. (2019). Etnomatematika permainan tradisional congklak dalam pembelajaran operasi bilangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 45–56.
Widada, W., Herawaty, D., & Anggoro, B. S. (2021). Ethnomathematics-based learning in Indonesia: Strengthening students’ mathematical connection and character. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 012144.
Wilder, R. L. (2017). Mathematics as a cultural system. Educational Studies in Mathematics, 95(1), 1–16.
Zhang, W., & Zhang, Q. (2020). Ethnomathematics and mathematics education in China: The integration of culture in teaching. Asian Journal of Mathematics Education, 14(3), 221–236.
Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2019). Local wisdom and mathematics learning in Indonesia: A PMRI approach. Journal of Mathematics Education, 10(2), 73–84.