Pendampingan Harian Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Melalui Kegiatan Belajar Terstruktur

Penulis

  • Sabina Raima Putri Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Nidia Wulansari Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Andrilana Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Nandang Taufik Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • De Naif Abdullah Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Muhammad Nabil Ilham Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1639

Kata Kunci:

anak berkebutuhan khusus, bimbingan belajar terstruktur, program kerja

Abstrak

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) individu ini bertujuan memberikan pendampingan belajar terstruktur kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya akses dan dukungan belajar yang sesuai bagi ABK di masyarakat. Metode yang digunakan adalah pendekatan psikologi pendidikan dengan strategi pembelajaran terstruktur, pendampingan individu, serta keterlibatan orang tua. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar, kemandirian, dan interaksi sosial ABK. Artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kegiatan sejenis di masa depan.

Diterbitkan

2025-11-07

Cara Mengutip

Putri, S. R. ., Wulansari, N., Andrilana, Taufik, N., Abdullah, D. N. ., & Ilham, M. . N. . (2025). Pendampingan Harian Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Melalui Kegiatan Belajar Terstruktur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 229-234. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1639