Implementasi Program Edukasi Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sdn 1 Cikancas
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1605Kata Kunci:
Bullying, Edukasi, PencegahanAbstrak
Bullying merupakan salah satu permasalahan yang masih sering dijumpai di lingkungan sekolah dasar dan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan emosional, sosial, dan akademik siswa. Kegiatan sosialisasi edukasi pencegahan bullying di SDN 1 Cikancas dilaksanakan sebagai bentuk upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap bahaya perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan melibatkan 30 siswa sebagai peserta sosialisasi yang mengikuti penyampaian materi, diskusi, serta tanya jawab interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai bentuk-bentuk bullying, seperti bullying fisik, verbal, sosial, dan nonverbal. Siswa mulai mampu mengenali perilaku yang dapat menyakiti teman sebaya serta menunjukkan sikap empati dan saling menghargai. Pendekatan pembelajaran kontekstual yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari membuat kegiatan lebih menarik dan mudah dipahami. Meskipun pelaksanaannya masih memiliki keterbatasan waktu dan belum semua siswa berani berbagi pengalaman pribadi, kegiatan ini terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran kolektif dan membentuk karakter positif siswa. Secara keseluruhan, sosialisasi ini menjadi langkah awal yang penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari bullying.

