Pelatihan Gerak Dasar Lokomotor, Non–Lokomotor, dan Manipulatif untuk Mendukung Perkembangan Motorik Anak

Penulis

  • Ananda Firlana Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Tuti Alawiyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Aep Saepuloh Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1602

Kata Kunci:

Gerak Dasar, lokomotor, non-lokomotor, manipulatif, motorik anak, pelatihan fisik

Abstrak

Perkembangan motorik anak usia dini hingga usia sekolah dasar merupakan aspek fundamental dalam mendukung kemampuan fisik dan kognitif anak. Di SDN 1 Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, masih ditemukan kurangnya pemahaman dan praktik terkait gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan gerak dasar kepada para siswa sebagai upaya stimulasi motorik yang menyenangkan dan edukatif. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, sosialisasi materi, demonstrasi, dan praktik langsung gerak dasar bersama siswa. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta serta peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan dasar secara benar dan terarah. Pelatihan ini juga memberikan wawasan baru bagi tenaga pendidik dalam mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam pembelajaran. Hasil ini menegaskan pentingnya pelatihan gerak dasar sebagai bagian dari pembelajaran aktif untuk mendukung perkembangan motorik anak secara optimal.

Diterbitkan

2025-11-05

Cara Mengutip

Firlana, A. ., Alawiyah, T. ., & Saepuloh, A. . (2025). Pelatihan Gerak Dasar Lokomotor, Non–Lokomotor, dan Manipulatif untuk Mendukung Perkembangan Motorik Anak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 65-70. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1602

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama