Optimalisasi Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Melalui Bimbingan Belajar Di Posko KKN

Penulis

  • Arie Susilo Priyatno Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Erna Yantiningsih Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Tuti Alawiyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Lulu Naeliatul Amal Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Hilda Mursyidah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Riswanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1730

Kata Kunci:

huruf hijaiyah, anak usia dini, bimbingan belajar

Abstrak

Pembelajaran membaca huruf hijaiyah merupakan pondasi utama dalam pendidikan Islam yang sangat menentukan perkembangan religiusitas dan spiritualitas anak. Anak usia dini adalah masa keemasan (golden age) di mana daya serap terhadap pembelajaran sangat tinggi. Sayangnya, masih banyak anak di pedesaan, termasuk di Desa Cipinang Kecamatan Beber, yang menghadapi kesulitan dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Faktor yang memengaruhi antara lain keterbatasan tenaga pendidik, minimnya metode pembelajaran yang kreatif, serta rendahnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam hadir sebagai solusi dengan melaksanakan bimbingan belajar membaca huruf hijaiyah. Metode yang digunakan meliputi pendekatan Iqra’, Tilawati, pembelajaran klasikal dan individual, serta disertai permainan edukatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan orang tua, dan dokumentasi kegiatan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan anak: mulai dari mengenal huruf, membedakan bentuk huruf, membaca rangkaian sederhana,hingga mampu membaca kata pendek secara mandiri. Selain itu, program ini meningkatkan motivasi belajar anak dan keterlibatan orang tua. Kehadiran mahasiswa KKN juga mempererat hubungan sosial dengan masyarakat setempat, sehingga terbentuk kolaborasi yang baik antara lembaga pendidikan nonformal, keluarga, dan mahasiswa. Dengan demikian, program bimbingan belajar huruf hijaiyah melalui KKN terbukti efektif untuk mengoptimalkan kemampuan membaca anak usia dini sekaligus memperkuat basis pendidikan agama di desa.

Diterbitkan

2025-11-23

Cara Mengutip

Susilo Priyatno, A. ., Yantiningsih, E. ., Alawiyah, T. ., Naeliatul Amal, L. ., Mursyidah, H. ., & Riswanto. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Melalui Bimbingan Belajar Di Posko KKN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 467-470. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1730

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama