Implementasi Media Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Upcycling Di Paud Al Hikmah Wanayasa, Beber, Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1662Kata Kunci:
Media Pembelajaran, huruf Hijaiyah, PAUD, anak usia dini, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Kemampuan membaca huruf Hijaiyah merupakan dasar penting dalam pendidikan agama Islam, khususnya bagi anak usia dini. Namun, banyak anak usia PAUD mengalami kesulitan dalam mengenal dan menghafal huruf Hijaiyah akibat keterbatasan metode dan media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan di PAUD Al Hikmah, Desa Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan meliputi penyusunan media, pelatihan guru, implementasi media di kelas, dan evaluasi hasil belajar anak. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenal huruf Hijaiyah, di mana persentase anak yang mampu mengenal minimal 28 huruf meningkat dari 30% menjadi 70%. Selain itu, guru memberikan respons positif terhadap penggunaan media yang variatif dan kontekstual, yang dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Kegiatan ini berpotensi menjadi model pembelajaran yang berkelanjutan di PAUD lain, terutama karena kesesuaiannya dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, serta kemampuannya untuk mendukung pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif.

