Pembiasaan Literasi Membaca Di Kelas 1 SD Negeri 1 Jatipancur

Penulis

  • Cahaya Wulan Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • A. Alvian Fitriyanto Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Faizah Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Jalaludin Mahali Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Siti Nurul Fadhilah Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon
  • Sefirman Aditiya Purnomo Universitas Nadhlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1636

Kata Kunci:

Literasi, pembiasaan, membaca, minat baca, siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi pada siswa kelas rendah di SD Negeri 1 Jatipancur melalui program pembiasaan membaca harian. Rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa kelas 1, serta keterbatasan fasilitas seperti ketiadaan perpustakaan, menjadi tantangan utama. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 5 minggu (sekitar 40 hari) dengan sasaran siswa kelas 1A dan 1B yang berjumlah 81 siswa. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan guru kelas, dan dokumentasi. Pelaksanaannya berupa pembiasaan literasi membaca harian selama maksimal 10 menit setelah jam pelajaran. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif siswa, dengan rata-rata kehadiran yang mengikuti program ini lebih dari 75%. Meskipun ada kendala seperti ketersediaan buku yang terbatas dan kemampuan membaca siswa yang belum merata, program ini berhasil menumbuhkan kebiasaan membaca yang positif. Keterlibatan aktif guru dan siswa menjadi kunci keberhasilan, dan program ini berhasil dilanjutkan oleh guru kelas meskipun kegiatan pengabdian telah selesai. Secara keseluruhan, intervensi sederhana namun konsisten ini terbukti efektif dalam membangun budaya literasi di lingkungan sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-11-07

Cara Mengutip

Wulan, C., Fitriyanto, A. A., Faizah, Mahali, J., Fadhilah, S. N. ., & Purnomo, S. A. . (2025). Pembiasaan Literasi Membaca Di Kelas 1 SD Negeri 1 Jatipancur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 204-210. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1636

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama