Penerapan Media Game Edukatif dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Cikancas.

Penulis

  • Mila Zakiyyatun Najwa Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ratu Suningrat Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Muhammad Irfan Habibi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Solihatun Nurlaila Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dian Romadona Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Izzudin Sadam Satria Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1669

Kata Kunci:

huruf hijaiyah, game edukatif, minat belajar, sekolah dasar.

Abstrak

Pembelajaran huruf hijaiyah merupakan aspek fundamental dalam penguasaan Al-Qur’an di kalangan siswa sekolah dasar. Namun, minat belajar yang rendah akibat metode yang monoton menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media game edukatif dalam pembelajaran huruf hijaiyah di SDN 2 Cikancas untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa, minat belajar, dan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Program ini menawarkan strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar huruf hijaiyah di sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-11-10

Cara Mengutip

Najwa, M. Z., Suningrat, R., Habibi, M. I., Nurlaila, S., Romadona, D., & Satria, I. S. (2025). Penerapan Media Game Edukatif dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Cikancas. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 388-392. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1669