Penerapan Media Game Edukatif dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Cikancas.
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1669Kata Kunci:
huruf hijaiyah, game edukatif, minat belajar, sekolah dasar.Abstrak
Pembelajaran huruf hijaiyah merupakan aspek fundamental dalam penguasaan Al-Qur’an di kalangan siswa sekolah dasar. Namun, minat belajar yang rendah akibat metode yang monoton menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media game edukatif dalam pembelajaran huruf hijaiyah di SDN 2 Cikancas untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa, minat belajar, dan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Program ini menawarkan strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar huruf hijaiyah di sekolah dasar.

