Pelatihan Gerak Dasar Lokomotor, Non–Lokomotor, dan Manipulatif untuk Mendukung Perkembangan Motorik Anak
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1602Kata Kunci:
Gerak Dasar, lokomotor, non-lokomotor, manipulatif, motorik anak, pelatihan fisikAbstrak
Perkembangan motorik anak usia dini hingga usia sekolah dasar merupakan aspek fundamental dalam mendukung kemampuan fisik dan kognitif anak. Di SDN 1 Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, masih ditemukan kurangnya pemahaman dan praktik terkait gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan gerak dasar kepada para siswa sebagai upaya stimulasi motorik yang menyenangkan dan edukatif. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, sosialisasi materi, demonstrasi, dan praktik langsung gerak dasar bersama siswa. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta serta peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan dasar secara benar dan terarah. Pelatihan ini juga memberikan wawasan baru bagi tenaga pendidik dalam mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam pembelajaran. Hasil ini menegaskan pentingnya pelatihan gerak dasar sebagai bagian dari pembelajaran aktif untuk mendukung perkembangan motorik anak secara optimal.

